Tentang 3 bebek super indonesia

Di Indonesia ada 3 Super Moped alias Bebek Super yang terbaik berdasarkan award yang diberikan oleh salah satu Media Otomotif Indonesia. Semua penghargaan di kategori ini selalu dimenangkan oleh ketiga Super Moped tersebut. Ketiga bebek super itu adalah:
SUZUKI SATRIA F150
SUZUKI SATRIA F150
Suzuki dengan Satria FU, bebek ini diperlengkapi dengan mesin 4 tak, DOHC dengan kapasitas paling gede, yaitu.. 147.3 cc.
SPESIFIKASI SATRIA FU:
DIMENSI

Panjang Keseluruhan
mm
1.945
Lebar Keseluruhan
mm
652
Tinggi Keseluruhan
mm
941
Jarak Antara As Roda
mm
1.280
Jarak Mesin ke Tanah
mm
95
Berat Kendaraan
kg
95
Tinggi Tempat Duduk
mm
764
             

MESIN

Jenis
4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
Jumlah Silinder
1 (satu)
Diameter Silinder
62 mm
Langkah Piston
48.8 mm
Kapasitas Silinder
147.3 cc
Perbandingan Kompresi
10.2 : 1
Daya Maksimum
16 Ps/9.500 rpm
Torsi Maksimum
1.27 Kg.m . 8.500 rpm
Karburator
MIKUNI BS 26 � 187
Saringan Udara
Jenis   Kertas
Sistem Starter
Elektrik dan Kaki
Sistem Pelumasan
Perendaman Oli



TRANSMISI

Kopling
Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi
6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi
1 Ke bawah, 5 Ke atas
Rantai Penggerak
DID 428 DS, 122 mata



RANGKA

Suspensi Depan
Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang
Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Sudut Kemudi
45� (Kanan dan Kiri)
Radius Putar
m
2
Rem DepanRem Belakang
Cakram/Cakram
Ukuran Ban Depan
70/90-17   38S
Ukuran Ban Belakang
80/90-17   44S



SISTEM LISTRIK

Sistem Pengapian
CDI
Busi
NGK CR8E/ DENSO U24ESR-N
Accu
12 V (2,5 Ah)/10 HR
Kapasitas :

Tangki Bahan Bakar
4,9 L
Dengan penggantian saringan oli
1.100 ml
Tangki Oli Mesin
1000 ml
YAMAHA JUPITER MX
Lalu Yamaha dengan Jupiter MX atau Yamaha T-135LC, mesin moped ini berkapasitas kedua terbesar diantara ketiganya, yaitu134,4 cc.
YAMAHA JUPITER MX
SPESIFIKASI JUPITER MX:
  • MACHINE
Tipe Mesin:4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder:Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder:134,4 cc
Diameter x Langkah:54,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi:10,9 : 1
Daya Maksimum:9.21 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum:12.14 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter:Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:Basah
Kapasitas Oli Mesin:Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,94 Liter
Sistim Bahan Bakar:Karburator BS25-58 x 1
Tipe Kopling:Basah, Kopling manual, Multiplat
Tipe Transmisi:(Spoke : Rotary, CW : Seesaw), 4 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi:1-N-2-3-4-5
  • CHASIS
Tipe Rangka:Diamond
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan:70/90-17M/C 33P
Ban Belakang:100/70-17M/C 49P
Rem Depan:Cakram
Rem Belakang:Cakram
  • ELECTRICITY
Sistem Pengapian:DC-CDI
Battery:YB5L-B (12V 5Ah) / GM5Z-3B
Busi:CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)
  • DIMENSION
P x L x T:1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda:1.245 mm
Jarak Terendah Ke Tanah:140 mm
Tinggi Tempat Duduk:770 mm
Berat Isi:109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin:4 Liter

HONDA CITY SPORT ONE
HONDA CITY SPORT ONE
Dan Honda dengan City Sport One -nya.. atau biasa disebut dengan CS1..
Moped ini dengan mesin yang berkapasitas paling kecil, yaitu 124,7 cc..
SPESIFIKASI CS1:
  • MESIN
Tipe mesin:4 langkah, SOHC, liquid cooled
Sistem pendinginan:Radiator dengan kipas elektrik
Diameter x langkah:58 x 47,2 mm
Volume langkah:124,7 cc
Perbandingan kompresi:10,7 : 1
Daya maksimum:12,8 PS / 10.000 rpm
Torsi maksimum:1.04 kgf.m / 7.500 rpm
Kopling:Manual, multiplate wet clutch
Starter:Electric starter & kick starter
Busi:ND U24ESR-N / NGK CR8E
  •  KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar:4,1 liter
Kapasitas minyak pelumas mesin:1,0 liter pada penggantian periodik
Gigi transmsi:5 kecepatan
Pola pengoperan gigi:1-N-2-3-4-5
  •  KELISTRIKAN
Aki:MF, 12V � 3,5 A.h
Sistem pengapian:DC � CDI
  •  DIMENSI
Panjang x lebar x tinggi:1.932 x 682 x 1.042 mm
Jarak sumbu roda:1.251 mm
Jarak terendah ke tanah:130 mm
Berat kosong:114 kg
  •  RANGKA
Tipe rangka:Twin tube frame
Tipe suspensi depan:Teleskopik
Tipe suspensi belakang:Tunggal (Monoshock)
Ukuran ban depan:70/90 � 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang:80/90 � 17 M/C 44P
Rem depan:Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang:Cakram hidrolik, dengan piston tunggal

KOMPARASI  FU vs MX vs CS1
Ketiga-tiganya memiliki kelebihan masing-masing, dan juga tampil dengan karakter yang berbeda.
FU berpenampilan ayam jago dengan kapasitas mesin paling besar ini merupakan moped yang cepat bahkan bisa dibilang tercepat dari semua moped. Trosi dan Powernya top.. Match banget sama yang suka top speed. Tapi dengan begitu FU juga doyan minum bahan bakar.
Sedangkan Jupiter MX satu-satunya Bebek super yang berpenampilan Bebek kental. MX memiliki karakter mesin yang kuat pada putaran bawah. Sangat cocok diajak membelah kemacetan kota.
Dan CS1 Bebek Super dengan penampilan yang paling menarik perhatian. CS1 adalah satu-satunya bebek yang berpenampilan unik. Bebek ini walaupun dengan kapasitas mesin paling kecil dan rada lemah tarikannya pada putaran bawah tapi memiliki great speed pada putaran atas.
Meskipun ketiganya memiliki karakter yang beda tapi sangat sering dibanding-bandingkan..
PERBANDINGAN DARI SEGALA SEGI BERDASARKAN SURVEY:
1.  KENYAMANAN BERKENDARA
  1. CS1
  2. MX
  3. FU
2.  PERFORMA MESIN, AKSELERASI DAN TOP SPEED             
  1. FU
  2. MX
  3. CS1
3.  DESIGN PENAMPILAN                                                  
  1. CS1
  2. FU
  3. MX
4.  TEKNOLOGI      
  1. FU
  2. MX
  3. CS1
5.  EFISIENSI BAHAN BAKAR      
  1. CS1
  2. MX
  3. FU
6.  SUKU CADANG DAN PERAWATAN                                      
  1. MX
  2. CS1
  3. FU
7.  HARGA DAN KELEBIHAN YANG DITAWARKAN              
  1. MX
  2. FU
  3. CS1
8.  HARGA JUAL KEMBALI
  1. CS1
  2. FU
  3. MX
9.  PALING BANYAK PEMINAT (PEMBELI)                                      
  1. MX
  2. FU
  3. CS1
10. TERFAVORIT                                         
  1. MX
  2. FU
  3. CS1
Mudah-mudahan dengan melihat spesifikasi dan hasil survey masing-masing moped di atas, bisa membantu untuk lebih mengenal Super Moped yang terbaik di Indonesia.

Post a Comment

أحدث أقدم