Katup dan mekanismenya berfungsi untuk mengatur masuk dan  keluarnya gas baru dan gas bekas sesuai dengan ( FO ) firing ordernya.  Untuk motor 4 tak selalu dilengkapi dengan intake valve ( katup isap )  dan exhaust valve ( katup buang ), setiap satu proses masing � masing  katup akan membuka dan menutup satu kali. Dengan demikian maka  perbandingan putaran antara camshaft dengan crankshaft adalah 1 : 2 atau  2 kali putaran crankshaft, 1 kali putaran camshaft.Mekanisme katup yag digunakan pada pertemuan praktek kali ini adalah  mekanisme katup OHV ( Overhead Valve ) yang menggunakan hubungan dengan  rantai ( timing chain ). Adapun kontruksinya adalah sebagai berikut :1.      Prinsip kerjaPada dasarnya mekanisme katup bekerja karena berputarnya poros engkol  yang memutarkan poros cam melalui hubungan timing, dalam hal ini  menggunakan hubungan rantai ( timing chain ). Poros cam yang berputar  akan menggerakkan katup melalui tappet dan push rod lalu ke roker arm  dan menuju kekatup ( isap dan buang ) sesuai dengan firing ordernya.  Mekanisme katup ini akan meneruskan kerja dari karburator yaitu  pendistribusian campuran bahan bakar dan udara menuju ruang bakar.- 2.      Komponen � komponen utama.
Komponen � komponen utama mekanisme katup meliputi :- Katup ( valve )
Katup isap dan katup buang dibuat dari bahan yang tahan panas seperti  nickel steel chrom, sehingga tidak mencair pada saat terjadi pembakaran  pada silinder. Diameter daun katp isap lebih besar dibandingkan dengan  katup buang. Karena gas yang masuk kedalam silinder melalui katup isap.  Sedangkan gas pembakaran keluar melalui katup buang. Hal ini  memungkinkan supaya volume efisiensi dapat meningkat.- Pegas katup ( valve spring )
Pegas katup berfungsi sebagai pengembali katup pada posisi menutup  setelah membuka dan merapatkannya kembali dengan valve seat sehingga  kompresi tidak bocor. Umumnya setiap katup dilengkapi satu pegas, tetapi  ada juga yang menggunakan dua pegas untuk dua katup.- Rocker arm ( lengan penumbuk katup )
Rocker arm berfungsi untuk mengungkit katup agar membuka, rocker arm  digerakkan langsung oleh camshaft ( untuk jenis SOHC dan DOHC ), tetapi  ada juga yang melalui tappet ( valve lifter ) yang diteruskan melalui  push rod untuk jenis ( OHV ).- Tappet dan push rod
Push rod berfungsi untuk merubah gerakan berpurat camshaft menjadi  gerakan naik turun yang selanjutnya dapat digerakkan rocker arm. Tappet  dan push rod hanya digunakan pada jenis engine OHV.- Poros cam ( Camshaft )
Camshaft digerakan oleh Crankshaft dengan perbandingan putaran 1 : 2  camshaft ini selanjutnya berfungsi untuk mengatur pembukaan dan  penutupan kedua valve sesuai dengan firing ordernya. 
 
 
              
            
  
 
 
 
إرسال تعليق