Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi 56,8 persen di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8 persen. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012, penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit.
Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan, yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit. Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen.
Di segmen skuter otomatik, skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7 persen melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2 persen pangsa pasar.
Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat 7,6 persen dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.
Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan, pertumbuhan skutik Honda ini tidak dapat dilepaskan dari penerimaan masyarakat yang sangat baik terhadap model-model skutik Honda yang modern, stylish, powerful, pasti hemat bahan bakar dan dilengkapi fitur safety yang tidak dimiliki skutik lain serta sebagian besar sudah dilengkapi teknologi PGM-FI terbaru dari Honda.
إرسال تعليق