Cara Pasang lampu HID di Motor
Mungkin banyak yg bingung untuk pemasangan lampu HID di motor, mengingatkan pengalaman pribadi dulu pertama kali pasang langsung bingung setelah baca skema yg biasa ada di kotak dus HID nya. Kalo yg langsung jual di bengkel/toko HID sih bisa langsung minta dipasangin ke montirnya dengan tambahan biaya pemasangan biasanya antara 300rb per motor, tapi gimana kalo yg belinya via toko online atau biasa di sebut online store.
Dengan sedikit pengalaman pribadi saya, semoga tips dan trik berikut bisa sebagai panduan untuk memasang HID di motor matic dan manual tanpa harus mengeluarkan uang jasa ke montir bengkel.
Pertama-tama pilihlah HID yang sesuai motor anda, kalau saya memakai H4 HID Vynix 6000K warna putih di Honda Blade Repsol 110R.
.
Dengan sedikit panduan skema yang ada di dus HID, kita akan terjemahkan. Dan jangan lupa untuk pemasangan HID pengambilan arus haruslah langsung ke accu/aki tidak kaya lampu ori standar yg masih mengikuti putaran mesin. HID ada bermacam-macam, mulai dari satuan kelvinnya, kalau saya pakai HID 6000K (H4)warna putih.
Untuk sebagai percobaan, Saya sudah coba pasang di honda blade saya yang menggunakan 1 Buah Lampu HID. dan aki standar (tidak perlu di ganti akinya, cukup aki standar) kalau di bengkel pasti di sarankan ganti aki, karna bengkelnya mau untung bro, makanya di suruh ganti. aki kering atau basah sama saja.
Selanjutnya pasang lampu HID langsung dari aki, merah ke (+), hitam ke (-)ground. Jangan Lupa supaya tidak tekor aki, kiprok yang semula untuk cas aki dan pengisian lampu standar kan mengikuti mesin, itu yang dicabut, kabel warna kuning dari kiprok (lampu motor standar yang mengikuti putaran gas) di lepas, setiap motor berbeda warna kabelnya, kalau honda warna kuning, setelah di lepas, jadi pengisian ke aki jadi lbh cepat bro, sehingga aki tidak mungkin akan tekor, dan jangan lupa di bungkus dengan isolasi kabel kuning tadi yang di lepas, dan selesai.Sudah saya buktikan di motor Honda Blade saya dan berhasil sampai sekarang, sudah saya gunakan 1 tahun lebih tanpa masalah dan aki pun masih bagus. Setiap motor saya nyalakan saya sengaja buka lampunya dulu tanpa menghidupkan mesinnya dulu bier keren cuy, sekitar 5 menit gitu baru saya hidupkan biasa, supaya terliat keren, haha, dan tenaganya pun asih bagus sampai sekarang. (Catatan : Kalau kabel lampu dari kiprok yang digunakan untuk lampu standar di cabut, maka semua lampu harus mengikuti aliran dari aki, tidak mengikuti putaran mesin lagi, karena lampu itu akan hangus kalau mengikuti putaran mesin. Misal : motor bebek lama lampu kilometer yang mengikuti putaran gas, harus di rubah menjadi sistem aki, jadi tidak mengikuti putaran gas lagi, pokoknya lampu yang mengikuti putaran gas di ubah menjadi sistem aki ato DC, AC ke DC. Terbukti Motor Saya Awet Sampai Sekarang, Mantap !!
Post a Comment