Lemah Bikin Ndut-ndutan April 1, 2011
Lagi ngetest Jupiter MX buat tarikan (nyoba ngetrek Vixion di lampu merah  
   ), gigi 1: s/d 40 kpj, gigi 2: s/d 60 kpj, gigi 3 baru 80 kpj terus  mesin ndut-ndutan. Kemudian putaran mesin turun lalu tak ada tenaga dan  mati.
  ), gigi 1: s/d 40 kpj, gigi 2: s/d 60 kpj, gigi 3 baru 80 kpj terus  mesin ndut-ndutan. Kemudian putaran mesin turun lalu tak ada tenaga dan  mati.
Kenapa ya? Kalo karburator kotor, kok  agak nggak yakin, soalnya motor baru servis satu bulan lalu nganggur 3  minggu. Apa karena pemasangan kunci rahasia yang diambil dari koil?
Setelah didiamkan satu menit motor bisa  jalan lagi tapi tidak berani main rpm tinggi. Besoknya pagi-pagi  dihidupin lancar, tapi baru jalan 1 km motor ngadat dengan gejala sama,  padahal main di rpm rendah. Besoknya lagi bisa jalan lama, sewaktu lewat  dekat bengkel Yamaha kok ngadat lagi. Wah parah nih kayaknya, ya  sudahlah masukin bengkel sekalian.
Setelah di cek mekanik teryata koilnya  lemah yang bikin ndut-ndutan di putaran atas. Kunci rahasia ikut  memperlemah lagi, ya udah copot saja. Mau ganti ternyata stok tidak ada.  Puter-puter Cilacap ke bengkel lain yang lebih besar, ternyata harus  pesen seminggu. Wah susah di kota kecil memang.
Kepikiran biasanya motor Yamaha ada yang bisa tuker sparepart. Akhirnya ubek-ubek internet dan ketemu kutipan artikel M+.  Ternyata koil Jupiter MX setipe dengan F1ZR. Kalo yang ini toko  sparepart non bengkel resmi biasanya malah punya. Dan bener, dengan 65  ribu saja, koil baru terpasang dan sudah nggak ndut-ndutan lagi.
Post a Comment