Pada mesin diesel modern terdapat sebuah peranti bernama Diesel Particulate Filter (DPF), yang berfungsi menyaring partikel kasar dari bahan bakar. Alhasil bahan bakar yang masuk ke injektor bisa lebih halus.
Normalnya, DPF bisa melakukan pembersihan partikel sendiri dengan membakar atau mereaksikannya. Namun ada kalanya kotoran partikel sudah menumpuk dan meng�akibatkan penyumbatan. Saat inilah indikator tersebut menyala.
Apabila dibiarkan bisa fatal untuk mesin. Suplai bahan bakar akan terhambat yang mengakibatkan peningkatan tekanan secara drastis di saluran sebelum DPF. Bila partikel kasar tak bisa disaring lagi dan masuk ke mesin, maka injektor juga bisa rusak.
Untuk amannya, saat lampu DPF menyala Anda telepon bengkel untuk melakukan penggantian filter di rumah atau menderek mobil ke bengkel.
Normalnya, DPF bisa melakukan pembersihan partikel sendiri dengan membakar atau mereaksikannya. Namun ada kalanya kotoran partikel sudah menumpuk dan meng�akibatkan penyumbatan. Saat inilah indikator tersebut menyala.
Apabila dibiarkan bisa fatal untuk mesin. Suplai bahan bakar akan terhambat yang mengakibatkan peningkatan tekanan secara drastis di saluran sebelum DPF. Bila partikel kasar tak bisa disaring lagi dan masuk ke mesin, maka injektor juga bisa rusak.
Untuk amannya, saat lampu DPF menyala Anda telepon bengkel untuk melakukan penggantian filter di rumah atau menderek mobil ke bengkel.
Post a Comment