Komponen Shockbreker Depan Sepeda  Motor
 Berikut ini adalah  komponen dari shockbreker depan sepeda motor Honda:
- Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
- Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
- Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
- Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke  dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet  atau aus.
- Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara  slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini  disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
- Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang  antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak  shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas  torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya  oksilasi  dari pegas garpu dan pegas reaksi.
- Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari  roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat  jalan yang tidak rata.
- Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas.  Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari  torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke  jalan yang tidak rata.
- Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu,  sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut  garpu terdapat ring sil oli.
Demikian komponen - komponen shockbreker depan sepeda motor Honda. Untuk  sepeda motor merk lain hampir sama, hanya ada sedikit sekali saja  perbedaanya. 
 
 
              
            
  
 
 
 
Post a Comment