Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, PT  Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup  signifikan menjadi 56,8 persen di pasar sepeda motor domestik  dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8 persen.   Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada  periode Januari-Juni 2012, penjualan sepeda motor di pasar domestik  tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7 persen dibandingkan periode yang  sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit.
Dalam kondisi pasar yang melemah ini,  AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan  pertumbuhan penjualan, yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881  unit.  Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama  tahun ini terjadi hampir di semua segmen.
Di segmen skuter otomatik, skutik Honda  jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7  persen melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1 persen  dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336  unit atau 53,2 persen pangsa pasar.
Di segmen skutik ini, Honda tercatat  sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar  yang meningkat 7,6 persen dari 2.022.228 unit pada semester I 2011  menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik,  yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda  Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.
Deputi GM Sales Division AHM Thomas  Wijaya mengatakan, pertumbuhan skutik Honda ini tidak dapat dilepaskan  dari penerimaan masyarakat yang sangat baik terhadap model-model skutik  Honda yang modern, stylish, powerful,  pasti hemat bahan bakar dan dilengkapi fitur safety yang tidak dimiliki skutik lain serta sebagian besar sudah dilengkapi teknologi PGM-FI terbaru dari Honda.
Post a Comment