Cara Koil Menaikkan Tegangan
Sebelum masuk ke cara kerja koil, maka anda juga harus tahu cara listrik  dibuat. Masih ingat pelajaran fisika? Jika ada magnet , maka  disekitarnya akan timbul medan magnet. Medan magnet adalah daerah yang  memiliki daya tarik dari magnet tersebut. Lalu bila ada kawat memotong  daerah medan magnet tersebut. Maka kawat itu akan dialiri arus listrik.  Secara sederhananya adalah Anda menggerakkan kawat agar melintasi medan  magnet, hingga menjauhi medan magnet tersebut. Atau bisa juga dengan  menggerakkan magnet melewati kawat tersebut. Sehingga medan magnet  tersebut yang memotong kawat. Hal inilah yang kemudian diterapkan pada  motor - motor pembangkit listrik. Tapi gerakan melewati atau memotong  medan magnet ini dilakukan dengan sangat cepat, tergantung pada rpm dari  motor listrik tersebut. Motor ini digerakkan oleh mesin diesel atau  dikenal juga dengan genset. Jadi berbeda dengan motor listrik seperti  pada starter yang mendapat listrik, agar bisa berputar. Tapi motor  listrik pada generator berputar untuk menghasilkan listrik. Pada sepeda  motor ada pada sepul magnet. Sedangkan pada mobil terdapat pada  alternator.
Kembali ke pokok masalah kita mengenai cara koil menaikkan tegangan.  Maka anda harus paham ada dua peristiwa yang terjadi agar busi  memercikaan bunga api listrik. Untuk contoh saya gunakan tipe pengapian  platina.:
1. Platina menutup
Pada saat platina menutup, maka aliran listrik dari aki / baterai akan  dialirkan ke kunci kontak. Lalu menuju ke koil, dan di dalam koil  listrik mengalir ke lilitan primer. Lalu menuju platina dan ke massa /  negatif ( body kendaraan ). Listrik tidak bisa mengalir ke lilitan  sekunder, disebabkan lilitan sekunder tidak mendapat hubungan ke massa /  negatif. Pada lilitan primer menjadi magnet. Dan lilitan sekunder  berada di dalam medan magnet dari lilitan primer. 
2. Platina Membuka
Saat platina membuka, aliran listrik yang ke lilitan primer terputus.  Hal ini disebabkan terputusnya hubungan ke massa, akibat membukanya  platina. Kemagnetan di lilitan primer hilang, sama saja dengan lilitan  sekunder memotong medan magnet. Akibatnya timbullah listrik pada lilitan  sekunder. Listrik yang  bertegangan hingga 18.000 volt , pada sistem  pengapian sepeda motor dikirimkan ke kabel busi lalu ke busi. Timbullah  percikan bunga api listrik di busi, sebab listrik ini berusaha menuju  massa yaitu pada ground ellectroda busi. Adanya celah antara ellectroda  tersebutlah, maka listrik menjadi lompat ke ground ellectroda busi. Maka  itu disebut dengan lompatan bunga api listrik.
Proses timbulnya listrik di lilitan sekunder, sering disebut dengan  induksi untuk istilah tekniknya. Kenaikkan tegangan yang tinggi ini  tentunya membuat kawat - kawat dari lilitan tersebut juga mengalami  kepanasan. Untuk itulah  di dalam koil terdapat cairan pendingin yang  berguna untuk membuat kawat lilitan tidak panas, dan akibatnya bisa  putus. Sekian penjelasan cara koil menaikkan tegangan. Untuk pertanyaan  silahkan isi di bagian komentar. Terima kasih.

Post a Comment