Pengenalan Bagian Karburator

Pengenalan Bagian Karburator


Karburator merupakan bagian bagian yang penting pada sepeda motor. Hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Tugas karburator adalah mengabutkan bensin tersebut agar mudah terbakar pada ruang bakar silinder sepeda motor. Untuk menjalankan tugasnya, karburator dilengkapi dengan berbagai komponen sebagai berikut:

a. Pelampung
Pelampung berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya bensin dalam ruang pelampung karburator. Tinggi rendahnya permukaan bensin dalam ruang pelampung dipengaruhi oleh penyetelan lidah pelampungnya. Menyetel lidah pelampung dilakukan dengan cara membengkokkan lidah pelampung ke atas atau ke bawah. Jika pelampung bocor maka penyetelan tidak berguna karena pelampung selalu tenggelam. Akibat selanjutnya adalah karburator banjir bensin.

b. Katup Jarum
Pelampung dan jarum pelampung menjadi satu unit dalam ruang pelampung. Jarum pelampung menutup saluran bensin ke ruang pelampung. Jarum pelampung menutup saluran bensin karena adanya tekanan lidah pelampung. Jarum pelampung aus mengakibatkan penutupannya tidak rapat sehingga bensin mengalir terus. Oleh karena itu jarum pelampung harus selalu dalam keadaan baik.

c. Baut Penyetelan Udara.
Baut penyetelan udara berfungsi untuk menyetel putaran idel ( stationer). Putaran idel disetel dengan memutar baut penyetel udara ke kanan atau ke kiri. Apabila keadaan baut penyetel sudah aus maka putaran idelnya sulit untuk disetel karena udara bisa melalui celah � celah yang aus tersebut. Oleh karena itu jika baut sudah aus, baut harus segera diganti.

d. Jarum Skep
Jarum skep dipasang pada skep bagian bawah. Jarum ini mudah untuk dilepas karna biasanya hanya dipasangkan dengan ring. Posisi ring tersebut dapat dipindah dari posisi paling bawah ke posisi di atasnya. Posisi ring tersebut akan mempengaruhi campuran bahan bakar udara yang terbentuk.

e. Pompa Percepatan
Pompa percepatan bekerja pada saat skep ( katup gas) dibuka mendadak, yaitu pada waktu sepeda motor diakselerasi ( dipercepat). Di dalam pompa percepatan terdapat membran yang ditahan oleh pegas. Membran tersebut dihubungkan dengan tuas mekanik katup gas sehingga secara otomatis pompa percepatan bekerja saat katup gas membuka mendadak. Pada saat pompa bekerja maka bensin tambahan akan disemprotkan ke oleh nosel pompa percepatan. Perlu diketahui bahwa tidak semua karburator sepeda motor menggunakan pompa percepatan. Jika membran pada pompa percepatan rusak maka pemompaan tidak akan terjadi sehingga bensin tidak akan menyemprot ke venturi. Demikian pula jika gas penahan membran lemah atau macet, atau sambungan dengan mekanik penggerak katup gas masuk rusak. Kerusakan itu akan menggakibatkan pompa percepatan tidak bekerja.

Post a Comment

Previous Post Next Post